Simply Suhandy

Tuesday, January 02, 2007

Rent - The Musical

Tahun Baru.... 2007

Tidak banyak melakukan apa2 hari ini, karena lebih banyak tidur seharian. Kan kemaren malam ga tidur sama sekali. Syukur ga sakit :)

Malamnya nonton DVD judul Rent - The Musical.

Rent adalah hasil karya Jonathan Larson, seorang peraih Pulitzer di New York. Sepanjang hidupnya, dia seperti artist2 lainnya, struggle untuk menjadi seorang yang diakui di daerah broadway. Sampai akhirnya karya "Rent" ini laku dijual, tetapi justru sehari sebelum hari pementasan perdananya, Jonathan Larson meninggal dunia.

Rent adalah satu musical modern, yang menampilan kehidupan para artist di daerah broadway, NY (seperti Jonathan sendiri). Digambarakan bagaimana mereka struggle menghadapi kelaparan, kedinginan, narkoba dan AIDS yang sangat real, dan bagaimana suatu hubungan persahabatan itu begitu berarti buat para penderita narkoba dan AIDS tersebut.

Bulan Februari 2006 yang lalu, ketika ditugaskan ke NY, saya sempat mampir ke Netherlander Theater dan menonton Musical ini langsung. Gak begitu ngerti sih waktu itu, karena kurang bisa menangkap kata2 inggris yang dinyanyikan. Baru benar2 mengerti setelah membaca subtitles di DVD ini.

Ketika seseorang menonton Musical ini, hendaklah jangan dihakimi tentang mereka yang terlalu open. Yang bisa kita ambil sebagai orang kristen adalah semua penderita AIDS/narkoba itu juga manusia, yang patut kita kasihi, yang Tuhan kasihi. Ketika ada seorang di antara kita yang jatuh, apakah kita mengulurkan tangan kasih kita, sebagai perwujudan kasih Tuhan, atau kita malah melempar batu dan menghakimi? Seperti kasus Ted Haggard, apakah kita bisa mengasihi apakah dia itu manusia yang juga bisa jatuh dalam dosa seperti kita?

Apakah ketika saya sendiri jatuh dalam dosa, ada yang bisa menerima saya selain Kristus?

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 

Free Blog Counter