Simply Suhandy

Wednesday, January 10, 2007

Christianity in China (1)

Selasa, 9 Januari 2007.

Hari ini kerjaan kantor biasa2 aja, dan tidak ada acara lain setelah pulang kerja.
Mungkin saya bisa bagikan sedikit tentang pekerjaan misi di china?

Berapa bulan yang lalu, saya sempat diundang untuk menjadi penerjemah bagi seorang misionaris dari China, yang sempat mampir untuk sharing. Dia sharingnya dalam mandarin, sedangkan teman2 semua dari indo jadi perlu penerjemah.

Bersyukur sekali bisa memanfaatkan sedikit dari apa yg sudah Tuhan berikan untuk menjadi berkat bagi teman2 yang lain.

1807 - 1842
Robert Morrison (馬禮遜), seorang missionaris dari Skotlandia, London Missionary Society, missionaris protestant pertama di daratan China. Beliau datang bersama dengan East India Companies dari Inggris. Karena peraturan yang ada masa itu, Dr. Morrison cuma diperbolehkan menginjili di Canton dan Macao. Setelah 25 tahun, dia berhasil menerjemahkan seluruh Alkitab ke dalam Mandarin.

1842 - 1860
Keberadaan orang barat di daratan China tidak hanya untuk mengabarkan injil. Tetapi yang terpenting adalah perdagangan. Dan komoditas yang terutama adalah Ganja (Opium). Di tahun 1842, mulailah perang ganja pertama. Canton habis diserbu. dan muncullah Nanking Treaty.

Dengan Nanking Treaty ini, maka aktifitas missionaris diperluas mencapai 5 kota pelabuhan:
Canton (Guang Zhou), Amoy (Xia Men), Foochow (Fu Zhou), Ning po dan Shanghai.

1860-1900
Hudson Taylor, pendiri China Inland Mission (Overseas Mission Fellowship)
Hudson Taylor, adalah missionaris di china yang berusaha untuk mengasimilasi ke dalam budaya cina. Selain belajar bahasa mandarin dan dialect2 yang ada, dia juga memakai busana cina, makan dengan sumpit, dll... Dari usaha dia, banyak missionaris lain yang kemudian melihat efeknya yang positif, dan mengikuti cara dia.

Di tahun 1865, dia memulai China Inland Mission dan mulai menjangkau ke daerah pedalaman. Pada tahun 1895, mission agency ini mempunyai hampir 500 missionaris tersebar di berbagai daerah di cina.

Setelah tahun 1900, semua missionaris asing dipull out dari daratan China. Mengapa dipull out? akan saya coba ceritakan di blog berikutnya... :)

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 

Free Blog Counter