Simply Suhandy

Saturday, April 07, 2007

Easter Weekend 2007 (2)

Easter Musical 2007 - 7 April 2007

Hari ini, adalah klimaks dari serentetan acara Paskah di GPBB. Akan ditampilkan dari GPBB, suatu drama Musikal berjudul Hosea, berdasarkan cerita yang didapatkan dari kitab Hosea di perjanjian lama. Setting cerita berkisar di zaman kerajaan Jeroboam, pasca kerajaan Salomo.

Kali ini saya tidak begitu terlibat langsung di dalam musical. Hanya 'mendampingi' ibu ketua JP*. Karena kesibukan kantor, dan hampir 2 minggu di korea, membuat saya tidak bisa membantu banyak di masa2 kritis. Tapi buket emang orangnya organize, jadi dia tetap bisa melakukan semuanya dengan baik. Kadang dia banyak 'sharing' juga sih lewat msn :)

Musical ini boleh dibilang berhasil luar biasa, terutama dalam takaran manusia, untuk menghasilkan sesuatu yang begini menakjubkan dalam 3 bulan, sungguh sesuatu yang mustahil. Usaha dari setiap orang benar2 kelihatan dalam project ini, terutama dari pemain drama, paduan suara, dan tidak lupa mengingat penulis, pemusik, sutradara dan para advisor lainnya.

Musical ini disimpulkan dengan satu kotbah oleh KaPet. Jemaat dan pengunjung yg datang diminta untuk re-commitment. Hasil dari komitmen form belum diketahui. Tetapi apa pun hasilnya, saya rasa musical ini sudah menjadi berkat baik buat yang menonton, maupun yang terlibat langsung di dalamnya. Semoga musical ini membawa kemuliaan bagi Nama Tuhan!

Ada sedikit joke, dari teman kantor saya yang sempat datang. Dia mengatakan musicalnya bagus, dan choirnya juga bagus, sudah berpakaian seragam, hitam-hitam, rapi, tetapi kok di ujung belakang ada satu yang ga hitam, tetapi putih-berkilau*? Pertama-tama kami bingung, apa yang dia maksud. Ternyata, yg dia maksud 'berkilau' adalah salah satu rekan kami yang baru saja dicukur 'botak', sehingga berkilau ketika disinari spot light. hehe...


Easter Morning Service - 8 April 2007

Kemaren malam tidak pulang ke rumah, tetapi tidur rumah HC*. Thanks yah! atas kesediaan dan kerumahsakitannya (hospitality). Biasa emang, setelah satu project selesai, maka seluruh badan terasa cape, dan bahkan secara emosional juga cape. Pagi ini bakal ada kebaktian jam 6 pagi di gereja, kalau pulang ke rumah, mungkin ga bakal bisa bangun... jadi amannya tinggal di rumah teman yang dekat gereja.

Kebaktian dimulai jam 6 tepat. Jemaat2 pun mulai berdatangan. lumayan, ada sekitar 300an yang datang mungkin. Padahal itu berarti kebanyakan orang harus naik taxi dari jam 5an. Ada belasan anak dari east yang bahkan nginap di rumah preacher kami. Sungguh suatu komitmen yg luar biasa dari jemaat untuk berusaha datang pagi2, padahal malam sebelumnya baru cape2 musical. Belum tante2nya yang harus masak bubur buat pagi ini.

Ibadah pagi berjalan dengan baik. Ada satu lagu yang sangat menyentuh hatiku. Pertama kali dengar lagu ini, adalah waktu Yy* menyanyikan di waktu latihan. Kali ini menyanyikan sendiri-bersama jemaat, dan perasaannya sungguh berbeda sekali. Saya rasa lagu ini sangat Tuhan pakai untuk memperbaharui komitmen orang2 yang mendengar ataupun menyanyikannya.


Seperti yang Kau ingini

Bukan dengan barang fana
Kau membayar dosaku
Dengan darah yang mahal
Tiada noda dan cela

Bukan dengan emas perak
Kau menebus diriku
Oleh segenap kasih
Dan pengorbananMu

Kutelah mati dan tinggalkan
cara hidupku yang lama
Semuanya sia sia dan tak berarti lagi
Hidup ini kuletakkan
pada mezbahMu ya Tuhan
jadilah padaku seperti yang Kau ingini

Ketika menyanyikan ulang lagu ini sendiri di kamar, lagu ini masih membuatku tersentuh, dan bahkan meneteskan air mata. Sungguh suatu karya pujian yang luar biasa.

Terima kasih yah Bud, untuk bingkisannya. Maaf, suh ga siapkan apa-apa untuk kamu.


Children's Easter Celebration

Setelah Kebaktian selesai, komisi Anak sudah mulai sibuk untuk perayaan Paskah Anak2. Kali ini Paskah Anak diadakan di MPH, yang lebih gampang diatur dibanding dengan tahun lalu. Anak2 bisa berlari sana sini dalam berbagai macam game, seperti lari dengan sendok dan telor, terus memukul pinata yang terbuat dari balon (yang tidak pecah-pecah).

Keunikan dari perayaan paskah anak kali ini, adalah bahwa yang menjadi panitianya adalah anak2 dari Sekolah Minggu kelas besar. Mereka lari sana-sini, teriak, mengatur, adik-adiknya yang lebih muda (dan mungkin bandel), dan mencoba menertibkan suasana dengan lebih banyak teriakan lagi :).

Saya rasa ini inisiatif yang sangat baik dari KA, agar anak-anak turut merasakan usaha yang dilakukan oleh para guru SM untuk mendidik mereka. Semoga anak2 kelas besar ini tidak menjadi takut dan malah terbeban untuk ikut menjadi guru SM nantinya.

Seru sekali melihat anak2 yang tengah tenggelam dalam kegembiraan dan permainan. Senyuman yang ada di muka mereka, benar-benar priceless, dan sedikit banyak mencerahkan suasana di hatiku yang sedang galau.


Paskah Maria Marta - Pelaut

Di chapel ada Paskah MariaMarta-Pelaut, mulai jam 10.30. Yang jadi liturgis adalah Mbak A*. Saya juga ikut dalam kebaktian ini dari awal sampai akhir. Yang hadir total 55 orang. Memang dari MariaMarta pelaut itu kehadiran tidak bisa ditebak. Tahun lalu ada 80an orang. Soalnya kan tidak pasti pelautnya bakal mendarat, atau MariaMartanya bisa mendapat ijin dari majikan. Namun dari panitia tetap perlu menjalankannya, karena sungguh, perayaan paskah ini adalah suatu encouragement bagi mereka.

Ada empat orang bapak-bapak pelaut yang memberikan persembahan pujian. Ku berserah, kepada Tuhanku. Lagu ini kalau dinyanyikan oleh jemaat biasa, biasanya asal lewat saja, sekalipun melodinya sangat bagus. Tetapi ketika lagu ini dinyanyikan oleh Pelaut, maka lagu ini sangat mencerminkan kehidupan mereka di tengah lautan. Ketika ombak dan badai menerpa, atau ketika bertemu dengan taufan, mereka hanya bisa berserah kepada Tuhan saja.

Habis kebaktian, ada acara foto2 dan makan2 bersama sambil berramahtamah. Memang persekutuan ala indonesia itu tidak pernah kurang bagian 'ramah-tamah' atau makan-makannya. Bersyukur, dalam fellowship santai ini juga saya bisa mendapatkan penghiburan.


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 

Free Blog Counter