Simply Suhandy

Monday, June 25, 2007

Mira W: Dari Jendela SMP




Buku ini adalah novel indo pertama yang saya baca. Teringat dulu, ketika membaca buku tersebut waktu masih SMP atau SMA (sudah lupa). Sekarang kondisinya sudah parah, 50 halaman pertama hilang entah kemana. Tetapi ketika saya membabat habis hampir 300 halaman sisanya, tetap seru :)


"Dari jendela SMP" menjelaskan kisah cinta antara Joko dan Wulan, dua anak SMP kelas 3, yang sama-sama menjadi murid teladan, tetapi Wulan anak orang kaya, sedangkan Joko anak babu, dan bukan cuma itu, dia anak haram karena tidak mempunyai ayah. Twist yang mengejutkan di akhir adalah, ternyata kepala sekolah yang dikaguminya sedemikian rupa ternyata adalah ayahnya sendiri.

Selain pergumulan yang berkisar di pergumulan para remaja pada umumnya, penulis juga berusaha memaparkan dua pandangan masyarakat terhadap pendidikan sex yg berbeda. Satu sudut pandang mengatakan pelajaran itu tabu, sedangkan satu sisi lagi ingin mendidik agar remaja2 tau dan bisa menjaga diri. Toh pada akhirnya mereka akan mencari tahu sendiri melalui night club, buku porno ataupun film mesum.

Secara jelas, penulis menempatkan dirinya di posisi yang merasa pendidikan sex itu perlu buat anak remaja, karena kedua murid teladan secara tidak sengaja, tanpa sadar, telah melakukan hubungan 'terlarang' tersebut. Dan akibatnya Wulan menjadi hamil ketika masih SMA kelas 1.

Penulis juga berhasil menyampaikan satu ide penting, bahwa apabila orang tua makin melarang suatu hubungan, maka remaja yang lebih 'rebellious' akan menjadi 'backstreet' dan sembunyi-sembunyi, dan hasilnya bisa lebih parah lagi.


===== Kesan setelah membaca ulang buku ini =====
1. Jauh lebih mengerti isi buku karena sudah banyak mengerti bahasa prokem dari Jakarta
2. Jauh lebih mengerti perasaan cinta yang dilukiskan oleh penulis, karena sudah mengalami
3. Yang lucu, ketika membaca bagian yang melukiskan perasaan dari tokoh utama, terutama Wulan, yang terngiang2 di telinga adalah suara si 'ica' di gereja :). Impressi 'ica' membaca puisi di depan itu sangat menyentuh ternyata :)

Labels:

1 Comments:

  • At 7:34 pm , Anonymous tita said...

    say juga baca pertama kli saat smp.. sekarang sudah sma.. (hehe, baru 3 tahun yamh lalu)

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 

Free Blog Counter