Simply Suhandy

Wednesday, January 17, 2007

Resensi: The Screwtape Letters by C.S. Lewis

Pemilik buku: Philips, dipinjam melalui program sharing buku Komisi Pemuda
Judul buku: The Screwtape Letters
Penulis buku: C. S. Lewis (Jack) pertama kali dicetak tahun1942

Buku ini adalah salah satu buku Kristen yang paling 'sulit' yang pernah saya baca. Sulit dalam arti bahasa Inggrisnya yg dalam, dan pola pikirnya yang harus diikuti dengan seksama. Tetapi buku ini juga adalah salah satu buku yang paling 'menusuk' dalam menampilkan doktrin dan dosa, yang dialami oleh manusia pada umumnya.

Dari judul buku, buku ini adalah kumpulan surat2 yang ditulis "Screwtape", iblis senior, yang ditujukan kepada "Wormwood", iblis junior yang baru lulus kuliah dan sedang 'praktikum' dibumi memenangkan (atau lebih tepatnya menjatuhkan) roh kepada kutukan yang kekal.

Sang iblis senior memberikan tips2 bagaimana menjauhkan 'pasien' dari Tuhan, baik melalui pergaulan dengan orang2 lain, hubungan dengan ortu, kehidupan doa, juga dalam memilih pasangan hidup. Singkat cerita, iblis junior tersebut gagal, dan 'pasien'nya yang telah menjadi Kristen akhirnya mati dalam serangan bomb Jerman (dan rohnya langsung masuk surga).

Bagian yang paling menarik dari buku ini adalah, ketika kondisi si 'Pasien' diceritakan, saya selalu bisa membayangkan bahwa saya adalah Pasien tersebut. Mungkin karena apa yang diceritakan semuanya sudah pernah saya alami, dan justru karena itulah pesan (negatif) yang disampaikan melalui surat iblis tersebut begitu mengena.

Bagi yang sudah membaca buku CS Lewis yang lain (Chronicles of Narnia) akan menemukan bahwa di dalam buku ini juga tersirat banyak doktrin/teologia yang dalam. Membaca buku ini sekali lewat tidak akan bisa menyerap semua essensi yang ada di buku ini. Tidak salah, kalau buku ini termasuk ke dalam top 100 buku kristen yang paling influential zaman sekarang.

**Highly Recommended**

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 

Free Blog Counter