Simply Suhandy

Wednesday, July 11, 2007

Ridiculous Company Management - RCM (2)

Ini installasi kedua dari RCM. Buat yang belum membaca installasi pertama ada di sini
Ridiculous Company Management - RCM (1)

Be careful when you introduce anyone to the company

UBS- United Bank of Switzerland memberikan bonus di atas 5000 dolar kepada pekerjanya yang berhasil memperkenalkan seorang perm-staff ke company sebagai bonus.
Barclay - Menawarkan 6000 dolar bagi yang berhasil menawarkan pekerja yang competent.

Kenapa demikian? karena kalau mereka mendapatkan pekerja melalui agen, mereka juga harus membayar biaya agen, yang mungkin lebih mahal dari harga tersebut.

ex-companyku -?
Bukannya memberikan penghargaan kepada kita yang mengenalkan pekerja. Bukannya memberi bonus. Tetapi malah memberikan tekanan kepada kita.

"Suhandy, you see, your friend need a job, and our company hired him, so you'd better work hard ok?"

Keterlaluan bukan?
1. Saya sudah membantu company berhemat uang agen
2. Saya membiarkan teman saya dibayar murah (dengan upah minimum)
3. Saya tidak mendapatkan bonus atau penghargaan
4. Saya dan teman saya malah dibuat berhutang budi pada company
5. Kesetiaan kami di company dianggap seperti sampah.

Ilustrasi di atas bukan suatu kejadian yang terjadi sekali. Karena ketika saya memperkenalkan orang lain, saya kembali diteror oleh pernyataan yang sama. Ketika teman saya memperkenalkan orang lain ke company, teman saya juga diteror dengan cara yang sama.

Menarik bukan?

Dibanding dengan pekerja yang mereka hire dari agen, yang rata-rata kerja hanya setahun terus berhenti. Pekerja-pekerja yang kami introduce hampir tidak ada yang berhenti, kecuali yang satu karena mau melahirkan dan jadi ibu rumah tangga.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 

Free Blog Counter