Simply Suhandy

Wednesday, August 08, 2007

Survey Kelas Mandarin...

Sekitar 2 bulan yang lalu, sebelum saya masuk ke SBC, saya memulai satu survey untuk kelas mandarin di gereja. Total survey yang dikirimkan mendapatkan sekitar 30 reply.

Survey ini ditujukan kepada masyarakat Indonesia yang berada di Singapore yang rindu untuk belajar bahasa mandarin karena satu dan lain hal.

Hasil Survey, secara general boleh dirangkumkan begini:
- Kebanyakan orang ingin menguasai bahasa mandarin dengan pengorbanan minimum (60 menit per minggu)
- 50% orang merasa cukup untuk bisa berkomunikasi dalam konteks sehari-hari, 50% lagi ingin bisa membaca dan menulis
- Kebanyakan orang percaya, untuk menguasai bahasa ini, perlu banyak latihan/exposure

Belajar bahasa, seperti yang sedang saya jalani sekarang di SBC (Greek) bukan suatu hal yang gampang. Perlu latihan terus-menerus setiap hari, walaupun waktunya mungkin hanya 15-30 menit. Ini akan jauh lebih efektif dibanding dengan satu kali latihan 3 jam tetapi sekali dalam seminggu.

Setelah mentabulasi, akhirnya kesimpulannya adalah, saya akan mengosongkan waktu saya senin malam (6-10pm), rabu malam(6-10pm), dan sabtu siang (12-6pm) untuk mengajarkan bahasa mandarin di kawasan gereja/barat. Pada pelaksanaannya mungkin hanya 2 dari 3 slot itu yang terpakai, karena saya juga memerlukan waktu untuk belajar hehe...

Semoga kelas ini bisa berjalan dalam 1-2 minggu ke depan...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 

Free Blog Counter