Simply Suhandy

Saturday, July 28, 2007

First week at SBC

Baru satu minggu sekolah, setelah istirahat otak selama 6 tahun, rasanya udah kewalahan....

Selain selasa dan jumat yang kuliahnya full 5 jam ++, masih bakal perlu bikin tim buat membahas assignment, ada pastoral care group hari jumat, ada FE conselling hari selasa, ada choir practice hari kamis, tentu saja ada FE di wycliff hari rabu. Ditambah pelayanan di gereja, satu-satunya hari libur cuma hari senin, dan itu pun ada 2 jam audit class untuk research and writing.

But... I am not complaining. Terus terang, selain merasa sedikit overwhelmed, sebenarnya saya cukup merasakan ini sebagai tantangan dari sisi positif. Masih lumayan positif untuk bisa manage waktu dengan baik. Tentu saja dengan dukungan doa dan tidak bermalas-malasan.

Di samping ini adalah gambar semua lecture notes yang sudah dibagikan, workbook untuk Greek ada di atas. Setiap hari ke kampus seperti membawa satu ream kertas.

Dan bukan hanya itu. Foto di bawah adalah foto-foto semua text book yang sudah dibeli, dan itu beli lengkap, karena masih ada beberapa yang tidak dibeli karena kemahalan, atau bisa dipinjam. Lumayan 'menantang'.




Buku paling atas yang paling tipis itu adalah "Surrender to Love" Supplementary reading untuk pelajaran Christian Spirituality. Harus tulis satu paper untuk buku itu. Buku utama pelajaran ini belum dibeli: "Discipline of Spirituality".

Buku kedua, "How to read the bible for all its worth". Buku panduan untuk Hermeneneutics. Itu relatif tipis dibanding buku terakhir di bawah: "Introduction to Biblical Interpretation". Itu adalah buku utama untuk Hermeneutics.

"Turning Point" adalah satu-satunya buku untuk Survey of Church History. Itu karena 2 buku lain yang harus dibaca sudah difotocopykan dan dimasukkan ke dalam lecture notes (lecture notes posisi paling bawah, paling tebal di atas).

"Readings from the ancient near east" adalah buku geografi untuk OT Background.

"Transforming Mission" adalah salah satu buku yang harus dibaca untuk pelajaran Theology of Mission. Tebalnya 500 halaman. Dan lecturernya sangat berbaik hati untuk mengatakan selain buku ini, kita cuma perlu membaca 300 halaman lagi dari buku2 lain yang berhubungan dengan misi.

"Basics of Biblical Greek" adalah so far buku yang paling saya enjoy. Walaupun tebal dan mahal (80 dolar seblum korting). Tetapi dibandingkan dengan buku2 lain, ini satu2nya paling gampang dicerna, at least sekarang. Satu encouragement dari gurunya, di akhir dari satu tahun ini, kalau kita sudah menghafal 320 kata2 Yunani yang muncul minimal 50 kali di NT, maka kita sudah bisa membaca 80% dari NT. Menarik yah?

Kata salah seorang dosen, masuk ke dalam SBC bisa membuat kita makin jauh sama Tuhan. Kenapa tidak? setiap pelajaran memerlukan jam membaca sekitar 9 jam per mata kuliah per minggu. Dipotong waktu itu, kita cuma punya waktu tidur, jadi ga ada waktu doa dan saat teduh lagi :) ... semoga gak deh haha..

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 

Free Blog Counter