Simply Suhandy

Wednesday, July 25, 2007

Undergoing Holistic Transformation

Pendidikan di SBC adalah pendidikan yang Holistic, mencakup seluruh aspek kehidupan. Ketika hal ini diceritakan dalam orientasi, sebenarnya saya tidak tau apa yang akan terjadi. Setelah melalui masa orientasi dan pelajaran berapa hari, barulah saya mengerti apa artinya di'kepung' dari berbagai penjuru mata angin. Boleh dikatakan seluruh aspek dalam diri saya diserbu dan dituntut untuk belajar kembali.

Seluruh aspek di sini bisa dibagi dalam 4 bagian, yaitu psikologis/mental, pikiran/ratio, perasaan/emosi, dan perbuatan/tindakan.

Aspek psikologis/mental:
1. Kita diuji apakah kita punya penyakit jiwa atau masalah pengontrolan diri, melalui test TJTA. Dari test ini mungkin akan diketahui apakah saya ini penipu atau seseorang dengan dua atau lebih kepribadian :p
2. Kita ditest apakah kita kuat mental berhadapan dengan orang dari latar belakang budaya yg berbeda. Berhadapan dengan orang yang makanan sehari2nya mata kuda, paha onta, dan bagaimana menjelaskan kalo udang dan kepiting itu bisa dimakan.

Aspek pikiran/ratio:
1. Daya ingat diuji dengan belajar Sejarah Gereja: Survey of Church History. Mempelajari perubahan-perubahan gereja sejak awal hingga sekarang.
2. Pelajaran geografi kembali diuji: OT Background. Mempelajari peta zaman perjanjian lama, gunung, lembah, sungai, dataran rendah, tinggi, peternakan, pertanian etc.
3. Pelajaran bahasa kembali diuji: Greek Introduction. Dimulai dengan menghafal alpha, beta, gamma, hingga menghafal 20 kosakata baru setiap minggu.
4. Pelajaran bernyanyi: Church Music Ministry. Ikut paduan suara SBC. Tapi kali ini saya dicaplokin ke Tenor dah.
5. Daya analisa diuji: Hermeneutics. Apa yang kelihatan simple, apakah memang sesimple itu? ataukah ada yang lebih mendalam daripada apa yang tertulis? atau memang simple tapi kita yg sengaja mempersulit?

Aspek Emosional:
Kita belajar untuk mencintai.... di dalam pelajaran Christian Spirituality. Intinya kita mencoba merasakan tentang ministry kita, tentang hati kita, perasaan kita, terhadap kehidupan kita.

Aspek perbuatan/tindakan:
1. Kita diajak bergotongroyong. Bersih-bersih bersama, cuci piring bersama, belajar bersama
2. Kita diajak berorganisasi.

Intinya, segala aspek dari psikologis, otak, hati, tindakan, semuanya secara holistik dilatih di dalam SBC. Ini semua cuma apa yang terjadi/akan terjadi di semester pertama. Saat ini sudah penuh dengan segala macam tugas bacaan yang harus dicover. Semoga saya bisa menjalankan segala tugas dengan baik.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 

Free Blog Counter