Simply Suhandy

Saturday, March 24, 2007

Slaving in Seoul (4)

Continued...

Hari senin, jam 12 sampai di kantor, lunch bersama. Setelah itu saya kira mau ke IBM, tetapi setelah ditunggu2, ga jalan2. Sekitar jam 7an gitu, kita diajak makan malam, terus dibilang ga jadi ke IBM hari itu, karena IBM ga siap.

Besok pagi2 disuruh ke kantor jam 9 tepat. Jam 9, mereka mulai packing, bawa komputer, server, kabel2 etc, siap berangkat ke IBM. Jam 10 kita jalan. Sampai di sana, kiranya udah bisa langsung install program, eh... saya bete, sudah dibilangin harus nyiapin oracle id, root id, untuk install di AIX, ternyata pada ga ada semua, harus pinjam sana sini. Sampai jam 12 gitu, baru kira2 mulai kerja, tapi sudah waktu makan siang.

Habis makan siang, mereka baru mulai install oracle. Mereka bawa DVDnya, tetapi servernya ga ada DVD drive.. kalo FTP harus makan 2 jam.. gila aja. Akhirnya mondar-mandir, bisa pinjam satu DVD drive buat dimount, dan bisa install dari sana.... tapi jangan terlalu happy dulu.. install dan konfigurasi semuanya baru selesai jam 7 malam gitu. Gila aja... kapan kerjaan mau selesai kalo gitu? Saya sih sudah prediksikan bakal kerja non stop hingga pagi, hingga benchmark testingnya selesai.

Jam 8 gitu kita selesai makan malam, dan saya mulai install bagian program saya. Selain itu harus pusingin gimana nyiapin data yang banyak untuk testing. Syukur, team dari Singapore membantu, sehingga jam 2 pagi, kita akhirnya punya data yg cukup untuk testing. Jam 3 gitu mulai testing, dll, dan baru jam 7.30 pagi testing selesai. Dalam proses testing itu banyak argument (saya ngomong inggris, yg lain ngomong korea :). Sebel sih, mereka itu kesannya sangat sombong, tetapi mungkin juga karena stress, jadi kesannya emosian. Jam 5 sampai jam 6 itu semuanya dah tidur, dan saya kerja sendiri dibantu tim dari singapore. Untuk masalahnya beres, kalo gak besoknya bagaimana?

Jam 8an, kita berangkat ke H*Bank untuk diuji solusi kita. Dibagi 2 team. Satu team di bagian benchmark testing, satu team lagi di bagian functional testing. Yang sebel itu, mereka itu sangat2 premature dalam hal benchmark testing, jadi ga ngerti sama sekali tentang tuning. Bisanya cuma nuduh, kenapa produk kamu begini begitu. Syukur, sekalipun hasil di benchmark testing kurang memuaskan, di bagian functional testing, hasil kami lumayan bagus. Pihak H*Bank sangat puas dengan feature2 yang ada di produk kami.

Jam 3an, (dari pagi belum sarapan) kita pergi makan siang. Minum Soju. Syukur project sudah selesai. Jam 6 gitu, baru pulang ke rumah masing2. Tidur sampai jam 12 bangun lagi, lapar, masak mie kimchi satu bungkus lagi, untuk dinner... terus tidur lagi... rasanya badan itu sangat tidak enak, sedikit demam kesannya, sakit tenggorokan, jerawatan.. yah gimana ga sakit kalau kerjanya nonstop gitu.

Esoknya, disuruh ke kantor jam 9, tetapi jam 9 saya telpon ke mereka, bilang demam, ga bisa datang. Jam 1 gitu baru datang, diajak makan siang, terus balik kantor lagi. Makan Bulgogi di seberang kantor. Ada teman korea satu di dalam team, namanya Chae, yang sejak lemburan di IBM sudah sakit, (saya kasih panadol), waktu itu dia baekan, tetapi hari ini bibirnya bengkak, dan setelah ke dokter, dokternya suruh dia ke rumah sakit spesialis untuk periksa. Saat ini dia masih istirahat di rumah. Mungkin infeksi di mulut + ga cukup istirahat jadi parah. Semoga dia cepat sembuh.

Hari kamis jam 7 malam, makan bareng Kim dan Joo, katanya ada budget 100k won untuk kita. Jadi kita makan bbq daging sapi, plus minum soju. Dilanjutkan dengan ngemil makanan ringan di satu bar, dengan minum bir. Total habis 70k won. Jam 10 malam pulang tidur.

Hari Jumat-Minggu adalah waktu free saya sekarang. Jumat pagi bakal ada rapat dengan satu company lain untuk satu product lagi. Tapi itu mestinya santai. Setelah itu saya bakal jalan2 dan tour. Akhirnya masa2 sibuk di Seoul berakhir dan diakhiri dengan masa2 santai.

Selebihnya akan saya lanjutkan di posting berikutnya.

to be continued

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 

Free Blog Counter