Simply Suhandy

Friday, June 15, 2007

Thunder in Broad Day Light - 晴天霹雳

Kita semua pernah mengalami apa yang namanya hujan panas, yakni hujan di waktu panas terik. Tetapi pernahkah anda bayangkan apa itu kilat menyambar di tengah panas terik, tanpa ada awan hitam?

Di Taiwan, belum lama ini terjadi satu kasus Kilat Menyambar di Siang Terik, atau bahasa mandarinnya 晴天霹雳 (Qing2 Tian1 Pi1 Li4). Ada beberapa orang yang sedang berteduh di bawah satu pohon besar, karena kepanasan. Di langit ada awan tebal putih, tetapi bukan awan nimbus yang berisi air hujan. Tidak ada yang menyangka kalau pohon tempat mereka berteduh itu akan disambar petir, dan semua orang masuk ke rumah sakit untuk perawatan. Tidak ada yang mati.

Menurut penjelasan dari ilmuwan, katanya kilat bisa terjadi kalau perbedaan potensial di udara sangat besar, tetapi tidak mesti harus hujan atau awan hitam. Tetapi kemungkinan untuk kejadian ini sangat minim sekali.

晴天霹雳 dalam bahasa mandarin adalah suatu idiom, yang berarti suatu kejadian yang tidak terduga. Di dalam kehidupan kita sehari-hari, apakah kita bisa begitu yakin bahwa semua yang terjadi itu berada di dalam tafsiran kita? Seyakin-yakinnya kita, kejadian 晴天霹雳 ini kerap kali terjadi. Kalau kita selalu bersandar pada pengetahuan kita (pohon), maka suatu saat kita pasti akan celaka.

Bersyukurlah, bahwa kita mempunyai Allah yang berkuasa atas langit dan bumi, alam semesta dan segenap isinya. Kalau kita bersandar pada Tuhan dan percaya kepada Dia, maka kita tidak perlu takut, karena Tuhan kita lebih besar dari Kilat sebesar apapun juga.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 

Free Blog Counter