Simply Suhandy

Sunday, May 06, 2007

Workshop Menulis di GPBB

Hari ini diadakan workshop menulis di GPBB. Workshop ini diadakan oleh KP dan dibawakan oleh pak Ayub, gembala gereja, yang sudah banyak menulis dan mencetak buku.

Pelajaran pertama yang dibawakan adalah bagaimana mendobrak mental barrier dari setiap peserta, bahwa menulis itu susah, memerlukan bakat, buat orang pintar, dll. Inti yang disampaikan adalah, bahwa menulis itu lebih penting usaha dan determinasi dari penulis itu sendiri.

Dalam bagian hands-on, kita diberikan waktu masing2 5 menit untuk menulis nonstop. Yang pertama adalah menulis bebas, tanpa batasan. Yang kedua, menulis dengan menggunakan 5 kata kunci: Kucing, Rumput, Laptop, Surabaya, dan Operasi. Dan yang ketiga, adalah menulis renungan berdasarkan pengamatan atas sebuah alat musik: Tamburin.

Kenyataannya, memang hampir semua peserta yang hadir bisa menulis, karena 'terpaksa' menulis dengan limitasi waktu. Dan melalui hands-on practice tersebut, kita menyetujui, bahwa untuk menulis memang perlu usaha dan determinasi. Kita bisa karena kita biasa, karena kita mau.

Untuk memicu kami dalam kebiasaan menulis, pak Ayub memberikan tugas dan tujuan akhir dari workshop 4 minggu ini. Kita disuruh menulis renungan, yang nantinya akan dipakai di Renungan Harian oleh yayasan Gloria, dan juga menulis topikal yang mungkin nantinya bisa dipakai dalam publikasi buku.

Semoga dari kegiatan menulis ini, kita semua yang terlibat dapat benar2 mengembangkan kemampuan menulis, dan terlebih dari itu, menjadi berkat bagi jemaat kristiani di Indonesia, dan ke depannya, melalui karya tulis, dapat menjadi berkat bagi lebih banyak orang lagi.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 

Free Blog Counter